Merapi Erupsi Pagi Tadi, Arah Angin ke Barat Daya

Magelang – Gunung Merapi kembali mengalami erupsi freatik pagi dini hari tadi. Arah angin dilaporkan menuju ke barat daya.

“Cuaca saat ini dari Sta.Pasar Bubar Merapi angin bertiup sedang hingga kencang ke baratdaya (Kabupaten Magelang). Status (Gunung Merapi) Waspada,” demikian tertulis dalam rilis Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang yang diterima detikcom, Rabu (23/5/2018).

Sejumlah lokasi di Kabupaten Magelang terdampak hujan abu. Wilayah Sebaran Abu di Kabupaten Magelang antara lain Keningar, Sumber, Ngargomulyo, Ngadipuro, Wates, Kalibening, Dukun, Kota Mungkid, Muntilan, Sawangan, Pabelan, Tempuran, Candimulyo, Ketep, Blabak, Kalinegoro, dan Salaman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto mengatakan hujan abu tebal terjadi di Kecamatan Dukun.

“Untuk hujan abu di Kecamatan Dukun agak tebal. Dari informasi yang kami terima, untuk wilayah Desa Keningar terjadi hujan abu disertai pasir,” ujarnya.

Masyarakat diimbau untuk tidak panik dan tetap tenang. Namun selalu waspada dalam beraktivitas.

“Gunakan masker dan kaca mata untuk antisipasi jika beraktivitas di luar ruangan. Tetap pantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi melalui berita dan sumber informasi terpercaya,” lanjutnya.

(sumber: detikcom )

Post Author: cebongan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *